Pengalaman Pertama Ikut Event Lari, Meriahkan Mandiri Banyuwangi Half Marathon 2019

Jalan-jalan ke luar kota memang sealu bikin excited. Merasakan suasana baru untuk beberapa hari, dan berkegiatan yang tidak seperti biasanya dilakukan sehari-hari memang selalu seru. Setidaknya, itulah yang saya rasakan saat diajak berkunjung ke Banyuwangi.

Cukup lama saya tidak berkunjung ke Banyuwangi, dan tentu saja langsung mau waktu ada yang mengajak ke sana. Daerah di ujung timur pulau Jawa ini, sedang ranum-ranumnya. Bermain di sini memang tak pernah membosankan. Namun kali ini saya bukan mau main sih.

Yeah. For the very first time in my life, saya ikutan event lari, Mandiri Banyuwangi Half Marathon 2019. No no no! Jangan membayangkan saya berlari 21 kilometer, karena saya hanya masuk di kategori 5 kilometer saja. Untuk permulaan, itu sudah cukup berat ternyata.



Ternyata, ini juga untuk pertama Banyuwangi menggelar Half Marathon, dan kali ini bergandengan dengan Bank Mandiri. Pantas saja, antusias warganya tampak jelas sepanjang event berlangsung. Anak-anak kecil pun sudah ceria pagi-pagi buta, ikut memeriahkan suasana.

Mandiri Banyuwangi Half Marathon ini sendiri merupakan rangkaian dari perayaan hari ulang tahun BUMN ke-21, yang sudah digelar sejak pertengahan Maret lalu. Ada banyak sekali kegiatan yang memeriahkan ulang tahun BUMN ini, rata di berbagai daerah di Indonesia.

Selain program Padat Karya Tunai yang diisi dengan kegiatan bersih desa, belajar budidaya lele, menanam TOGA, BUMN juga menggelar program Paket Pangan Murah. Paket berisi bahan-bahan pokok tersebut bisa dibeli dengan hanya 10 ribu rupiah saja. BUMN hadir untuk negeri banget lah pokoknya.

Banyak lagi kegiatan lain yang digelar dalam rangka perayaan ulang tahun BUMN ini, ya seperti yang sudah saya tulis di atas, salah satunya adalah Mandiri Banyuwangi Half Marathon yang digelar hari Minggu, 31 Maret 2019 di Taman Blambangan, Banyuwangi.



Ribuan peserta berkumpul sejak selepas subuh. Mereka dibagi menjadi 3 kategori, half marathon 21 kilometer, 10 kilometer, dan 5 kilometer yang saya ikuti. Hadir di venue, Bupati Banyuwangi Azwar Anas beserta jajarannya, dan juga Direktur Utama Bank Mandiri Kartika Wirjoatmodjo.




Sambutan hangat sebelum kategori 5 kilometer flag off, ada Tari Gandrung yang dibawakan beberapa perempuan Banyuwangi. Indah lenggak-lenggoknya, seirama dengan musik osing yang mengalun dari alat-alat musik tradisional mereka. Senang sekali bisa melihat ini semua.

Cerita lari kali ini, saya rangkum secara live dalam thread Twitter yang bisa diintip foto-foto serunya juga. Well, thank you Bank Mandiri, thank you Banyuwangi! Pengalaman yang tak akan terlupakan, bisa ikut bergabung dalam event seru ini.

Dewi Ratna

No comments:

Post a Comment