Serunya COCO Festival Indonesia 2018, Menteri BUMN Rini Soemarno Bakar Spirit of Millenials

Ibu Rini bakar semangat Millenials BUMN © morninglover.com/Dewi Ratna
Apa yang lebih membakar semangat para pejuang di medan perang saat Pertempuran Surabaya terjadi? Bung Tomo dengan pidatonya yang berapi-api, sanggup membuat emosi rakyat membuncah, dan keberanian untuk melawan pun merasuki mereka. 10 November, banyak dari mereka yang gugur berlaga, tapi perjuangan tak pernah menghianati hasil.

Begitulah, apa yang diteriakkan Bung Tomo pada para pejuang 1945 itu tak kalah membakarnya dengan apa yang diteriakkan menteri BUMN, Ibu Rimi Soemarno pada para millenials BUMN yang malam itu hadir dalam gelaran COCO Festival Indonesia 2018, Spirit of Millenials. Acara yang diadakan pada Sabtu, 10 November ini sudah mulai seru sedari sore.

Saya sendiri berangkat dari Malang jam 10 pagi, penuh semangat ingin merayakan Hari Pahlawan tahun ini di Kota Pahlawan. Kebetulan, saya juga belum pernah masuk ke dalam Monumen Kapal Selam, so saya bertekad bulat untuk menjelajah dulu setiba di lokasi. Setelah puas berkeliling, saya coba masuk kapal selam Pasopati yang dijadikan monumen itu.


Masih sekitar pukul 3 sore saat saya selesai mejelajah. Saya lalu keliling booth yang berjajar di pintu masuk event COCO Fest Indonesia 2018. Semuanya menarik, tapi ada satu yang membuat saya berhenti dan mulai penasaran. Dari dulu saya memang ingin mencoba essential oil, dan hari ini akhirnya terwujud, walau harus merogoh kocek lumayan dalam.

Angka di handphone menunjukkan pukul 4 sore, dan saya pun mulai masuk venue acara. Melewati semacam lorong berdinding hitam, di ujung depan sana sudah banyak millenials BUMN yang seru foto-fotoan. Sesuai temanya, Tribute to Heroes, mereka mengenakan pakaian dari masa perjuang. Ada yang pakai seragam tentara, hingga dokter cantik.

Saya sibuk mengabadikan momen dalam video, hingga lupa kalau harus juga mengambil foto untuk bahan tulisan di blog ini. Tapi tak apa, kamu bisa cek keseruan sore itu lewat video di akun Instagram saya. Jangan lupa follow juga ya! Hehehe...


Dibuka dengan talkshow bareng Inijie dan Aris Lukman. Sebagai content creator dan orang-orang yang aktif di media sosial, mereka pun berbagi pengalaman tentang bagaimana memulai semuanya, hingga punya nama besar seperti sekarang ini. Bagaimanapun juga media sosial memang penting dan sangat berfaedah di era sekarang ini, jika dimanfaatkan dengan baik.

Keseruan lainnya, ada photo booth 180 derajat, yang baru pertama kali saya coba. Iya, saya memang udik. Lihat proses foto dan hasilnya saja sudah takjub. Hehehe... Selain itu, ada penampilan dari band-band lokal, BottleSmoker, dan atraksi panggung lainnya. Kami semua menunggu kahadiran Ibu Rini, dan terutama pengumuman pemenang COCO Fest 2018.

Sudah gelap saat Ibu Rini tiba di lokasi. Semua menyambut beliau dengan semangat. Acara dilanjutkan dengan mengheningkan cipta, selain untuk mengengang jasa para pahlawan kemerdekaan yang telah gugur, juga untuk para korban bencana alam yang bertubi-tubi di Indonesia, serta mereka yang meninggal karena kecelakaan pesawat Lion Air JT 610 yang sebagiannya merupakan orang-orang BUMN.

Mengheningkan cipta di COCO Fest Indonesia 2018 © Medialogy

Tak menunggu lama, pemenang COCO Fest Indonesia pun diumumkan. Sebelumnya, diserahkan juga hadiah untuk 20 pemenang kisah inspiratif PNM Mekar. Total hadiah 10 juta untuk mereka, plus dapat pelukan penyemangar dari Ibu Rini. Bangga tentunya bisa menjadi pemenang, dan senang bisa berjabat tangan langsung dengan Ibu Menteri BUMN.

Para pemenang COCO Fest Indonesia 2018 © morninglover.com/Dewi Ratna

20 Pememang COCO Fest dari tiap kategori: nature, infrastruktur, trasportasi, dan lifestyle juga diundang ke atas panggung. Satu yang menjadi sorotan, pemenang Best of the Best, @den.astri yang membuat video bertema liburan ke rumah kakek dan nenek. Kamu bisa cek hasil karyanya di akun Instagram dia, dan pasti bakal setuju juga kalau dia jadi pemenang.

Ibu Rini, bersama Bapak Kartika Wirjoatmodjo, Direktur Utama Bank Mandiri, serta jajaran direksi dari BUMN lain pun diundang ke atas panggung. Dengan spirit of millenials, ibu dan bapak kita ini juga tak mau kalah, selfie di atas panggung layaknya band selesai manggung. Seru sekali mereka.

Setelah hadiah sudah diserahkan secara simbolis, Ibu Rini pun memegang kendali. Dengan kostum seragam pejuang, layaknya Bung Tomo, beliau mengungkapkan pidatonya yang berapi-api, membakar semangat para millenials BUMN yang hadir di sana. Beliau menyampaiak pesan dan harapannya pada muda-mudi yang hadir, agar bermanfaat bagi Indonesia.

Keseruan ditutup dengan penampilan Rini Wulandari yang malam itu membawakan lagu-lagu 90-an. Para millenials BUMN pun sing along, dan suasana jadi semakin meriah. Kalau kamu penasaran seperti apa kemeriahannya, cek deh di video berikut ini...


Dewi Ratna

No comments:

Post a Comment