Total 590 Juta Rupiah Sudah Pindah Tangan ke Para Pemenang Wirausaha Muda Mandiri #WMM2018

Belum bisa move on dari gegap gempita Wirausaha Muda Mandiri 2018 yang sempat saya ceritakan di tulisan tentang WMM Expo 2018 dan WMM Company Visit beberapa waktu lalu. Nah, kali ini aku mau cerita tentang event awarding buat para pemenang, yang digelar di gedung Samantha Krida Universitas Brawijaya Malang, Sabtu (15/9) kemarin.

Sebelumnya, mau sedikit bahas tentang Wirausaha Muda Mandiri, karena sepanjang perjalanan saya mengikuti para finalis sambil live tweet atau share IG stories, banyak juga yang tanya tentang program ini. Tadinya saya kira hanya saya yang baru beberapa tahun belakangan ini tahu tentang WMM, yang ternyata sudah ada sejak 2007 ini.

Wirausaha Muda Mandiri ini merupakan rangkaian kompetisi, apresiasi, edukasi dan pembinaan buat generasi muda Indonesia yang sudah berani berwirausaha di usia yang bagi saya cukup bikin amaze. Program sekece ini, siapa sih yang inisiasi? PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. yang merancang semua sebagai program utama Corporate Social Responsibility (CSR) perusahaan.

Sesuai namanya, program ini memang punya goal agar generasi muda Indonesia jadi generasi yang mandiri, bisa menciptakan lapangan kerja, berani dan tangguh, serta mampu bersaing di era global. Program WMM ini juga diharapkan dapat berkontribusi dalam penciptaan ekosistem yang baik untuk tumbuh kembang wirausahawan di Indonesia.

Nah, pertanyaan yang paling banyak saya terima, tentang bagaimana bisa bergabung dalam program ini. Well, saya kasih bocoran langsung dari Bank Mandiri yah. Peserta yang bisa berpartisipasi dalam Program Wirausaha Muda Mandiri adalah setiap orang yang memenuhi kriteria sebagai berikut:

  • Warga Negara Indonesia yang dibuktikan dengan dokumen identitas
  • Peserta mendaftar wajib memiliki usaha yang relevan dengan kategori usaha 
  • Usaha yang didaftarkan minimal sudah dijalankan selama 1 tahun (untuk kategori Mahasiswa S1 & Diploma) dan 3 tahun (untuk kategori Non Mahasiswa S1 & Diploma) per tanggal 1 Maret 2018
  • Usia maksimal adalah 25 tahun (untuk kategori Mahasiswa S1 & Diploma) dan 35 tahun (untuk kategori Non Mahasiswa S1 & Diploma) per tanggal 1 Maret 2018
  • Omset usaha minimal per tahun adalah sebesar Rp 500.000.000,- (untuk kategori Non Mahasiswa S1 & Diploma - Bidang Usaha Industri, Perdagangan dan Jasa; Boga dan Kreatif)
  • Peserta kategori Mahasiswa S1 & Diploma harus memiliki rekomendasi dari universitas terpilih untuk mengikuti proses penjurian program WMM
  • Peserta kategori Non Mahasiswa S1 & Diploma harus merupakan best of the best perwakilan  komunitas terpilih untuk mengikuti proses penjurian program WMM
  • Untuk bidang usaha teknologi minimal memiliki prototipe atas inovasi teknologi yang didaftarkan, minimal 1 tahun (untuk kategori Mahasiswa S1 & Diploma) dan 3 tahun (untuk kategori Non Mahasiswa S1 & Diploma) per tanggal 1 Maret 2018
  • Untuk bidang usaha sosial telah menjalankan social project atau social enterprise yang didaftarkan, minimal 1 tahun (untuk kategori Mahasiswa S1 & Diploma) dan 3 tahun (untuk kategori Non Mahasiswa S1 & Diploma) per tanggal 1 Maret 2018
  • Usaha yang didaftarkan bukan merupakan usaha yang dilarang atau melawan hukum Negara Republik Indonesia 
  • Usaha atau inovasi teknologi yang didaftarkan tidak sedang didaftarkan pada kompetisi lain di saat yang bersamaan kecuali kompetisi Mandiri Group (Bank Mandiri dan subsidiaries company)
  • Lokasi badan usaha atau kantor pusat badan usaha calon peserta berada di wilayah Indonesia
  • Peserta yang dapat mendaftar Program WMM adalah pemilik bisnis/penemu/inovator, bukan pemegang ijin franchise (franchise) atau bukan pegawai yang ada di level senior manajemen dalam suatu badan usaha
  • 1 usaha didaftarkan untuk 1 orang peserta 
  • Peserta program WMM tahun sebelumnya & belum dinyatakan sebagai finalis nasional dapat mendaftar kembali pada Program WMM 2018 sesuai dengan persyaratan pendaftaran Program WMM 2018
  • Inovasi/merk dagang brand usaha bukan merupakan bentuk plagiarisme secara ilegal 
  • Project/usaha tidak sedang dalam penyelidikan kasus hukum perdata atau pidana 

Sudah ya... Balik lagi kita ke cerita awarding WMM 2018. Pagi itu di rumah si mas lagi sakit, badannya panas, minta dikompres terus. Rasanya nggak tega mau ninggal, tapi jam sudah mepet, waktu untuk kumpul sudah ditentukan, dan acara pun sudah hampir dimulai. Namun ya begitulah si mas, dia tetap izinkan saya pergi, dan saya pun berangkat dengan hati gundah.

Sampai di lokasi, acara sudah dibuka oleh penampilan standup comedy dari Dicky Diffie. Setelah beberapa saat menanti, akhirnya Ibu Rini Soemarno, Menteri BUMN dan Bapak Kartika Wirjoatmodjo Direktur Utama Bank Mandiri beserta rombongan tiba di lokasi serta duduk di bangku yang telah disediakan, acara utama pun dimulai.
Setelah bersama-sama menyanyikan lagu Indonesia Raya, pertunjukan Reog dari mahasiswa Universitas Brawijaya yang berkolaborasi dengan Duo Percussion resmi membuka acara dan menyambut seluruh yang hadir di sana dengan penampilan mereka yang megah. Setelah itu diikuti dengan sambutan dari Rektor Universitas Brawijaya Prof. Dr. Ir. Nuhfil Hanani AR, MS.


Bangga mnejadi tuan rumah rangkaian final event dari program Wirausaha Muda Mandiri 2018, beliau optimis bahwa Malang bakal jadi kota dengan mahasiswa dan calon-calon pengusaha muda terbaik di Indonesia. Tentunya WMM sangat bisa mewujudkan harapan tersebut, mengingat program ini terbuka bagi mahasiswa di seluruh Indonesia ya.

Masuk ke sesi talkshow di #WMMAward2018, ada Adrian Gunadi, CEO Investree yang jadi moderator. Beliau bilang, generasi langgas sekarang ini jauh lebih kreatif, dan saya mengamini ini. Contohnya ya para finalis #WMM2018 yang ada di event ini. Saya pribadi tak memungkiri dan salut pada anak-anak muda zaman sekarang yang sudah belajar bekerja dan mandiri sejak dini.


Bersamanya di atas panggung, ada lima panelis, antara lain Bapak Hari Santosa Sungkari, Deputi Infrastruktur Badan Ekonomi Kreatif RI; Bapak Kartika Wirjoatmodjo, Direktur Utama Bank Mandiri; Bapak Andreas Eddy Susetyo, Ketua Pansus RUU Kewirausahaan Nasional; Jodhi Palgunadi founder Akun.biz , dan Jeremia Allan dari Gedhang Nugget.
Dan... Tara! Momen yang ditunggu-tunggu akhirnya datang juga. Saatnya pengumuman pemenang dari 2 kategori dalam 7 bidang usaha yang dilombakan. Semua finalis naik ke atas panggung, dan satu per satu nama pemenang disebutkan. Siapa saja mereka yang terpilih kali ini? Kamu bisa simak dalam daftar berikut:

Kategori Mahasiswa

Bidang Usaha Industri, Perdagangan dan Jasa
Pemenang I: Arnandiza Amirul Khadifa – Balon Kado
Pemenang II: Agus Wibowo – Agro Lestari Merbabu.

Bidang Usaha Boga 
Pemenang I:  I Putu Agi Pratama – Umah Lokal
Pemenang II: Sentanah Limmase – Fermenation Indonesia

Bidang Usaha Kreatif 
Pemenang I: Malinda Amalia – Linean
Pemenang II: Nabila – Batik Kanawa

Bidang Usaha Sosial
Pemenang I: Reno Pati – Rumah UPPO (Unit Pengelolaan Pupuk Organik)
Pemenang II: M Zulfikri Al Qowy – Paccoo.com

Bidang Usaha Teknologi Digital 
Pemenang I: Aditya Pratama Ghifary – Media BIMBINGAN BELAJAR GRATIS Berbasis Website & Aplikasi
Pemenang II: Rafliansyah Ruslan – SCOLA (Learning Management System)

Bidang Usaha Teknologi Non Digital 
Pemenang I: Alwy Herfian Satriatama – Majapahitech
Pemenang II: Aprial Syahputra – HerbalFoam

Mereka masing-masing berhak mendapatkan total hadiah sejumlah 100 juta rupiah, dalam bentuk uang tunai 25 juta rupiah dan deposito 75 juta rupiah, untuk para pemenang pertama. Sedangkan mereka yang menjadi pemenang kedua mendapatkan total 50 juta rupiah, berupa uang tunai 25 juta rupiah dan deposito 25 juta rupiah. Pasti sangat bermanfaat buat kemajuan usaha nih!

Kategori Non Mahasiswa

Bidang Usaha Industri, Perdagangan dan Jasa
Pemenang I: Juwita – Golden Berry
Pemenang II: Reza Rizky Hermawan - Hermawan Propertindo Utama

Bidang Usaha Boga 
Pemenang I: Endro Firdaus – GreenSmoothie factory
Pemenang II: Bintang Priyambodo – Papa Buncit

Bidang Usaha Kreatif
Pemenang I: Bella Kartika Aprilia – Sepiak Belitong
Pemenang II: Ray Abdul Fatah – Ravy 26 House

Bidang Usaha Sosial
Pemenang I: Andhika Mahardika – CV Agradaya Indonesia
Pemenang II: kepada Mohammad Andriza Syarifudin – Nusa Berdaya

Bidang Usaha Teknologi Digital 
Pemenang I: Christopher Farrel Millenio Kusuma – Kecilin
Pemenang II: Yudhis Thiro Kabul Yunior – Detron Engineering

Bidang Usaha Teknologi Non Digital
Pemenang I: Achmad Arbi – Lightning Advanced Solution Technology
Pemenang II: Nugroho Hari Wibowo – ENCOMOTION

Bidang Usaha Digital Financial Technology
Pemenang I: Adjie Wicaksana – Halofina – LPIK ITB
Pemenang II: Bong Defendy – Zend Money

Lebih tinggi dari kategori mahasiswa, mereka masing-masing berhak mendapatkan total hadiah sejumlah 200 juta rupiah, dalam bentuk uang tunai 50 juta rupiah dan deposito 150 juta rupiah, untuk para pemenang pertama. Sedangkan mereka yang menjadi pemenang kedua mendapatkan total 100 juta rupiah, berupa uang tunai 25 juta rupiah dan deposito 75 juta rupiah.

Selain itu, ada kategori khusus Best of The Best yang diraih oleh Christopher Farrel Millenio Kusuma dari Kecilin, yang mendapatkan hadiah berupa deposito senilai 100 juta rupiah. Dan ada pula kategori Finalis Terfavorit pilihan masyarakat, yang direbut oleh Ardana Noor Octaviandi dari Bolunesia, yang mendapatkan deposito senilai 40 juta rupiah.

Buat yang bertanya-tanya soal penilaian pemenang terfavorit, mereka terpilih berdasarkan vote masyarakat lewat Facebook dengan jumlah like dan share terbanyak. Vote dimulai sejak tanggal 6 hingga 13 September 2018. Jangan khawatir, karena sistem penilaian ini telah diverifikasi keabsahannya oleh panitia.

Menutup event WMM Award 2018 ini, semua pasti sudah menantikan penampilan dari pedangdut yang tengah naik daun setelah penampilannya yang spektakuler saat mengisi acara ulang tahun salah satu stasiun televisi swasta di Indonesia. Tak lain dan tak bukan, Via Vallen, yang belakangan juga booming karena menjadi penyanyi untuk sountrack official Asian Games 2018 yang digelar di Indonesia. Semua pun senang, ikut bernyanyi dan berjoget.
Congrats buat semua pemenang! Buat yang sudah ikut program Wirausaha Muda Mandiri tapi belum pernah masuk final, kamu masih bisa ikutan lagi tahun depan loh. Yuk mulai bersiap diri. Siapa tahu kamu jadi pemenang selanjutnya. Sampai jumpa di #WMM2019 ya!


Dewi Ratna

1 comment:

  1. Acaranya kereeeennn banget!
    Bangga bisa jadi bagian blogger Mandiri :D

    ReplyDelete