3 Poin Cerdas di Dunia Online Ala Smarfren 4G, Bisa Dicontek Nih!

Kumpul bareng Smartfren Community & blogger Malang/
Copyright Twitter @smartfrenworld
Seperti yang kita semua tahu, dunia terus berkembang dalam segala hal, termasuk teknologi dan tentu saja ini sangat berdampak pada sarana komunikasi. Kalau dulu kita akrab dengan teknologi 1G yang merupakan sistem analog dengan kecepatan rendah dan suara sebagai objek utama, kini Indonesia sudah sampai pada level 4G yang identik dengan internet cepat. Hampir semua perangkat komunikasi seluler dan provider sudah support untuk teknologi yang satu ini, termasuk Smartfren tentunya.

Well, apa kamu sudah tahu apa itu 4G, forth-generation technology? Dengan fasilitas search engine yang 'mahatahu', harusnya definisi 4G sudah bisa dibaca di berbagai pusat informasi online ya. Tapi, tidak ada salahnya kalau dijelaskan sedikit juga di sini. Sistem 4G ini, sederhananya dia punya kemampuan di mana suara, data, dan arus multimedia bisa sampai pada pengguna kapan dan di mana saja, dengan kecepatan yang lebih tinggi dari generasi sebelumnya. Smartfren 4G pun memberikan kemudahan ini untuk user mereka.

Sebenanrnya, apa sih pengaruhnya kalau kita pakai teknologi generasi keempat ini? Bukankah data 3G juga sudah memenuhi kebutuhan berkomunikasi kita? Ehm, jangan sampai lupa, bagaimana kita tumbuh besar dengan kecanggihan teknologi yang juga ikut berkembang! Kita tak seharusnya berpuas diri dengan apa yang sudah ada di era sebelumnya, karena mau tak mau suatu saat kita akan membutuhkan apa yang diberikan perkembangan teknologi tersebut. Sekarang pun, sadar tak sadar, kita sudah membutuhkannya.

Yuk kita ingat-ingat, apa saja hal baru kaitannya dengan perkembangan teknologi, yang belakangan ini bikin generasi milenial ketergantungan. Selain media sosial yang kini lebih banyak diakses dari gadget, dua tahun belakangan YouTube juga jadi salah satu aplikasi wajib dan mulai sering dinikmati lewat handset. Tapi, apa yang jadi kendala pada akhirnya? Buffering yang lama dan kuota paket data yang gampang terkuras. Itu terntu saja terjadi kalau kita belum hijrah dari 3G ke 4G. Smartfren 4G 100% bisa jadi solusinya!

Provider yang satu ini bahkan punya beberapa paket gadget dengan fasilitas komunikasi 4G, mulai dari yang harganya tinggi, hingga yang sangat terjangkau, tergantung seberapa canggih teknologi si handset itu sendiri. Sebenarnya sih soal kecanggihan gadget bukan jadi masalah utama, karena yang paling penting di sini tentu akses 4G yang sangat membantu mereka yang kesehariannya harus bergelut dengan akses internet. Banyak para pekerjaan yang bisa atau bahkan harus diselesaikan secara online dan secepat mungkin.

Yakin deh, pasti banyak di antara pembaca tulisan ini yang sehari-harinya mantengin email lewat gadget. Menerima order pekerjaan jadi lebih cepat, dan diharapkan menyelesaikannya pun juga demikian. Dengan kecanggihan teknologi generasi keempat ini, gerak kita bisa lebih dinamis tentunya. Banyak tanggungan pekerjaan bisa selesai dengan mudah cepat, pun kita bisa terus update kabar apa saja dari dalam maupun luar negeri lebih kilat dari sebelumnya. 4G sangat terasa bedanya, terutama bagi mereka yang hampir tiap jam memakai akses internet.

Bagaimana dengan mereka yang harus bergelut dengan personal computer, di kantor, di rumah, atau di mana saja tempat yang nyaman untuk bekerja? Smartfren 4G sendiri sudah merilis setidaknya tujuh mini router Andromax, semacam modem portable yang bisa dipakai di mana saja, bahkan untuk lebih dari satu perangkat komputer atau handset yang butuh terkoneksi internet. Secanggih itu, dan memang itulah yang kita butuhkan di era sekarang ini, termasuk untuk mengunggah dan tentunya membaca tulisan ini. Hehehe... ;)

Sayangnya, belakangan ini makin banyak konten negatif yang beredar di internet, baik itu di media sosial maupun media online lainnya. Orang-orang bahkan bisa saling berseteru di dunia online, hingga terbawa ke dunia nyata. Reaksi yang diberikan atas konten-konten negatif pun dengan cepat ter-update, dan kebanyakan mereka berkomentar tanpa pikir panjang. Tak hanya di kolom komentar saja, orang-orang juga sering share konten-konten negatif itu, dengan tujuan untuk menghujat. Tahukah mereka, bahwa hal itu justru akan memperkeruh suasana?


Ada beberapa hal yang seharusnya dilakukan jika menghadapi konten negatif yang bertebaran di internet. Dalam acara kumpul-kumpul ngabuburit bareng teman-teman dari Smartfren Community dan blogger di Malang, Jumat (9/6) sore, di-share beberapa poin cerdas yang tentunya bisa diaplikasikan oleh semua orang, untuk menghindari konflik di dunia internet. Apa saja itu?

1. Silence
Diam tentu jadi pilihan yang paling mudah dalam hal ini. Tak usah komen yang menyulut pertikaian dan memancing kebencian. Tak perlu juga share konten negatif tersebut ke media sosial, dengan alasan apapun. Perlu diketahui, jika kita memberi komentar atau share channel YouTube yang mengunggah  konten negatif tersebut, ini justru akan menguntungkan mereka. Karenanya, diam adalah salah satu cara aman yang bisa dilakukan. Tapi tentunya cara yang satu ini tidak solutif.

2. Report
Karenanya, ada cara lain yaitu dengan melaporkan konten negatif tersebut dengan menggunakan tools yang sudah disediakan. Hampir semua media sosial, termasuk juga YouTube, punya tools untuk melaporkan konten, lengkap dengan pilihan reason. So, kita bisa melaporkannya dengan alasan yang jelas, dan jika memang laporan kita benar, maka pihak media akan menurunkan konten tersebut, atau bahkan bisa memblokir akun yang mengunggahnya. Lebih cerdas kan cara ini?!

3. Create Positive Content
Namun ada cara yang punya nilai jauh lebih baik dibanding dua cara sebelumnya. Kita bisa membagikan hal positif lewat media sosial seperti Twitter, Instagram, Facebook dan lainnya. Caranya? Tentu saja dengan menuliskan status yang tidak provokatif. Yang lebih keren lagi, kita bisa bikin konten positif, bisa berupa tulisan di blog, atau video yang diunggah di YouTube. Seperti apa? Kisah-kisah inspiratif misalnya. Atau bisa juga tutorial-tutorial yang bermanfaat, seperti cara memasak, cara memakai hijab dengan berbagai model yang modis, dan masih banyak lagi.

Nah! Dengan fasilitas 4G yang sudah umum dipakai sekarang ini, usaha kita bikin konten positif tadi tentu akan lebih mudah. Hal-hal seru dan bermanfaat bisa dengan cepat dibagikan di internet. So, jangan jadi konvensional dengan bertahan memakai teknologi jadul dan merasa tidak membutuhkan koneksi 4G. Sekeras apapun kita mengelak, kita bakal menyerah juga pada waktunya. Yuk lebih cerdas lagi mengarungi era serba canggih yang bakal terus berkembang ini!

Dewi Ratna

2 comments:

  1. Wah, iya dunia maya sekarang riskan timbulkan kontroversi kalau gak pintar² memilah. Lagipula dari sibuk gunjing orang memang baiknya manfaatin sinyal 4G buat berkarya.

    ReplyDelete
  2. Saya termasuk yg langsung report klo ada konten aneh2 semacam provokasi yg ngajak gak bener. 😅
    Sebel aja kok internet cepet malah dipake ajang berantem. Cari manfaat yg bagus kek.

    ReplyDelete