OPPO F1s Selfie Tour de Malang 2017, Belajar Seru dan Jadi Juara Lomba Video

Kota Malang tampak cerah pagi itu. Google calendar mengirim pesan lewat e-mail, mengingatkan saya untuk hadir dalam undangan event OPPO Selfie Tour 2017 yang digelar pada hari Selasa, 24 Januari. Acara ini diadakan di Monopoli Garden Resto & Cafe yang terletak di sudut kota, di bilangan Jalan Soekarno - Hatta.

Setelah beres-beres kamar, pergi mandi, berdandan, berpakaian rapi dan sarapan, terlebih dahulu saya meluncur menghadiri undangan lain yang sudah duluan masuk ke inbox e-mail. Setelah itu, baru agak siang saya bertolak menuju venue yang untungnya tak jauh dari tempat yang harus saya datangi sebelumnya.

Saya kira, saya bakal terlambat. Syukurlah, acara masih belum dimulai. Dengan ramah, teman-teman dari OPPO mempersilakan para peserta yang sudah datang untuk mengambil makan siang sebelum masuk ke acara utama, workshop dan experience. Kami duduk di bangku-bangku menghadap screen yang sudah disediakan di sana.

Workshop dibuka dengan penampilan Aryo Meidianto Aji, Media Engagement dari OPPO Indonesia yang menjelaskan secara detail tentang camera phone keluaran baru, salah satu dari rangkaian selfie expert, OPPO F1s. Ya! OPPO Selfie Tour de Malang kali ini memang punya misi utama memperkenalkan produk yang satu ini.

Seperti yang sudah melulu dibahas, tentang camera phone dan selfie expert, tentu saja kelebihan utama dari ponsel ini ada pada bagian kamera depan. Dengan 16 MP, sudah bisa membayangkan bagaimana hasil dari selfie kamu kan? Tentu saja gambar wajahmu bakal tampak lebih natural dengan detil yang lebih tajam.

Bukan! Bukan semata-mata karena 16 MP lantas selfie yang kamu hasilkan jadi lebih natural. Kamera depan ini dilengkapi dengan sensor 1/3.1-inci dan aperture F/20 yang meningkatkan sensitivitas cahaya sehingga lebih banyak diterima kamera. Ini memungkinkan kamu selfie dalam kondisi kurang cahaya sekalipun.

Gadget yang tersedia dalam dua warna, gold dan rose gold ini punya desain super elegan, dengan layar 5,5 inci, ketebalan hanya 7,38 mm, dan berat 160 gram. Paling cocok berada dalam genggaman cewek, apalagi camera phone ini dilengkapi fitur Beautify 4.0 yang bikin selfie kamu flawless dan makin cantik.

Selain bisa menangkap foto selfie dengan Beautify, ponsel ini juga dilengkapi dengan beberapa filter foto, sehingga kamu bisa leluasa memilih tone warna yang kamu mau. Selain itu, ada juga beberapa plug-in yang memungkinkan kamu untuk mengedit foto-foto jadi seperti yang diinginkan. Semakin menarik bukan?

Satu lagi yang tak kalah penting kalau bicara soal camera phone untuk para selfie expert: gadget ini dilengkapi pula dengan fitur Selfie Panorama. Dengan memakai fitur ini, kamu bisa menangkap foto selfie dengan jangkauan frame yang lebih luas. Tak perlu takut lagi ada yang kepotong atau isi frame wajah semua.

Tak hanya itu, OPPO F1s ini juga dilengkapi kamera belakang 13 MP yang meski lebih kecil daripada kamera depannya, namun bisa menghasilkan foto yang menakjubkan di malam hari. Gambar yang ditangkap kamera terlihat lebih jelas, semua ini tentu karena sensor 1/3.06-inci yang memaksimalkan sensitivitas cahaya.

Tak ada habisnya jika menjelaskan dengan detil apa saja kelebihan dari camera phone yang satu ini. Aryo Meidianto pun lantas melempar microphone pada Tini Bohang, cewek casual, jurnalis dari Kompas Tekno. Sesuai pekerjaannya di media, dia pun berbagi tips dan trik dalam membuat video blog, atau yang sering disingkat vlog.

Pada para peserta, Tini memberi gambaran bagaimana seharusnya membuat vlog, mulai dari awal. Pertama yang harus diperhatikan, tentu saja pre-prod. Persiapan sebelum produksi video ini termasuk membuat flow chart dan story board. Kamu juga harus pastikan tools apa saja yang dipakai, kapan dan di mana syutingnya.

Setelah itu, baru masuk ke proses produksi. Di tahap ini, Tini punya tips khusus, kamu kudu be yourself, be flexible, dan juga stay classy! Berhadapan dengan kamera yang kamu pegang sendiri memang awalnya aneh, tapi dijamin kamu bakal lebih percaya diri jika pakai OPPO F1s yang hasil kamera depannya oke.

Yang terakhir, kamu masih harus melalui tahap post-prod. Tahap terakhir ini termasuk editing, mencocokkan audio dan video, memastikan transisinya smooth, dan bila diperlukan, kamu bisa menambahkan text atau emoji. Nah, setelah semua jadi, tinggal share deh video kamu ke media sosial yang kamu punya, and be famous!

Masuk ke sesi selanjutnya, Tini melempar microphone pada Kristian Tjahjono, Managing Editor dari media online yangcanggih.com. Dalam kesempatan ini cowok yang akrab disapa Ko Kristian ini berbagi beberapa tips dan trik fotografi. Dia menunjukkan beberapa hasil fotonya yang keren, yang diambil dengan OPPO F1s.

"The best camera is the one you have with you," Ko Kristian mengutip ungkapan Chase Jarvis dalam slide presentasinya. Ya benar, kamera terbaik adalah kamera yang sedang kita pegang, termasuk jika itu adalah OPPO F1s. Skill yang baik, didukung dengan tools yang mumpuni, hasilnya pun spektakuler. Setuju?

Sudah jelas dengan presentasi dari tiga narasumber, tiba saatnya setiap peserta diberi kesempatan untuk mencoba praktek langsung dengan OPPO F1s. Berbekal tips dan trik yang sudah dibagi Tini Bohang tentang video dan Kristian tentang fotografi, mereka pun berlomba-lomba bikin karya foto dan video sebaik mungkin.

Jadi berlomba-lomba karena memang dilombakan, dan saya jadi pemenang juara pertama untuk video contest-nya. Senang sekali, OPPO memberi hadiah keren untuk saya sore itu. Kalau kamu mau tahu, video bikinan saya yang terpilih, bisa cek di bawah ini. Semua gambar diambil dengan kamera belakang dari OPPO F1s.


Dan kalau mau tahu bagaimana serunya kegiatan kami sepanjang setengah hari dalam event ini, bagaimana para peserta mengeksekusi beberapa hidangan yang sudah disiapkan pihak Monopoli Garden Resto & Cafe menjadi foto-foto dan video, bisa cek yang berikut ini...


Dibanderol harga Rp. 3.499.000, camera phone untuk para selfie expert ini tentu saja layak untuk dimiliki. OPPO F1s tak akan bikin kecewa kamu yang memang punya hobi di dunia fotografi ataupun videografi. Well, tunggu apa lagi? Yuk langsung saja meluncur ke gerai ponsel terdekat di Malang dan bawa pulang gadget keren ini!

Dewi Ratna

4 comments:

  1. Tajem ya hasilnya, ku jadi pengen ganti HP Banana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nemen tajem e... Aku pingin nemen. Lebih oke kayaknya kalo dipake buat nge-vlog atau ngerekam video ukulele cover...

      Delete
  2. Rame ya kalo udah foto makanan pada mau duluan hehe.. malang katanya penjualan oppo juga banyak kayak di palembang,

    ReplyDelete
  3. Wooo, iki yang menang dapat hengpon, ya?!
    Selamat!

    ReplyDelete