'Mistake I Need To Make' dari Leftover: Buat Pelajaran, Kesalahan Memang Harus Terjadi

Leftover, salah satu unit post hardcore asal Malang berisikan wajah-wajah lama dari Son Of Sundance, Fallen To Pieces dan Kids Next Door, tiga nama familiar yang sudah menghiasi skena musik di Malang selama bertahun-tahun. Leftover sendiri memilih genre post hardcore/skramz ala Suis La Lune, La Dispute, Touche Amore, Secret Keeper, Departures, Landscapes, Coldbones dan skramz era millenium lainnya.

Digawangi oleh Andrean Giovanni pada vocal, Agustinus Setyawan pada drum, Dimmy Nur Rakhman dan Yogi Yudo pada guitar. Masuk dapur rekaman sejak November 2015, album mereka selesai pada Agustus 2016. Single 'Beyond Perception' yang telah beredar sejak akhir 2015 pun masuk dalam EP yang dilabeli judul 'Mistake I Need To Make'. EP ini sendiri dirilis Barongsai Records dalam bentuk kaset pada 10 November 2016.

"Itu punya dua arti. Yang pertama, kita tahu kalau yang akan kita perbuat itu salah, tapi karena suatu alasan tetap harus kita lakuin. Yang kedua, kita ngelakuin suatu hal dan nggak tahu kalau perbuatan yang kita lakuin itu salah, tapi setelah dipikir dengan kepala dingin, kesalahan itu emang harus terjadi karena ada sisi positif yang bisa diambil dari situ," ungkap Yogi soal EP 'Mistake I Need To Make'.

Dalam rilisan kaset ini, ada lima track yang bakal memanjakan telinga para penggemar musik post hardcore. Dibuka dengan lagu 'Last Trick', sebuah tribute perpisahan untuk teman skateboarder Malang yang tutup usia beberapa tahun lalu, Matt Vykar, Agus Simin, serta Samsul Svitac. Disusul kemudian dengan lagu yang sudah tak asing, 'Perception' yang video klipnya sudah beredar sejak pertengahan tahun lalu.

Lagu 'Perception' ini sendiri bercerita tentang kebohongan yang ditutupi, dan akhirnya terbongkar juga. Tentu saja hal itu akhirnya merusak kepercayaan dan banyak hal yang telah dibangun bersama sejak lama. Menyusul, di track ketiga ada 'Better Left Unsaid', sebuah lagu tentang masa muda, di mana kita bertindak tanpa pikir panjang dan tak mau diatur oleh siapapun. Lebih suka menjalani apa yang kita yakini.

Dua dari terakhir, ada 'December, Dismember' yang mengisahkan tentang cinta di bulan Desember. Tak ada yang tahu pasti, apa cerita sebenarnya dari lagu ini, selain sang gitaris, Yogi yang mengangkat lagu ini dari kisah nyata. Last but not least, ada 'Monosyllabic Girl', sebuah cover song dari band lokal Malang favorit Leftover, The Morning After.

Well, sudahkah kamu punya rilisan kaset Leftover ini? Kalau belum, go grab it fast di Reka Records untuk kamu yang ada di Malang, dan Terserahati untuk kamu yang berada di sekitaran Sidoarjo. Hanya merogoh kocek 40 ribu rupiah, kamu sudah bisa mendapatkan kaset EP 'Mistake I Need To Make'. Sedangkan kalau kamu ada du luar dari dua kota itu, bisa langsung saja kontak Barongsai Records.

Belum kenal siapa Leftover dan seperti apa musik mereka? Silakan cek akun Instagram dan Twitter @ileftover atau bisa cek video di channel YouTube mereka. Congratulation anyway untuk Leftover!

Dewi Ratna

1 comment:

  1. Big up for Leftover, al the way up for your blog na! \m/

    ReplyDelete