Packaging CD Barasuara dan Timbal Balik Band Idola Buat Fans Militan

Di era teknologi serba maju ini, apa sih yang bikin kamu masih pengen beli rilisan fisik dari musisi favoritmu? Support! Ini biasanya jadi jawaban paling cepet, tanpa pikir panjang. Kebanyakan para fans militan tentu akan dengan senang hati membeli apapun bentuk produk yang dirilis idola mereka, benar begitu?

Siang ini saya lagi santai di rumah sambil muter CD Barasuara, band asal Jakarta yang lagi hits setahun belakangan di kalangan muda-mudi Indonesia. Awalnya saya tertarik sama band ini, jujur karena di sana ada Iga Massardi. Saya termasuk salah satu fans The Trees And The Wild dulu, meski nggak militan.

Dengar kabar Iga sudah nggak lagi jadi partner panggung Remedy, saya cukup kecewa. Tapi ya itulah hidup, everything's changing kan? The Trees And The Wild dengan format dan warna musik mereka yang baru, toh tetap layak dan recommended banget buat dinikmati. Sementara Iga dan Barasuara-nya pun nggak kalah yahud.

Di CD yang lagi saya dengerin ini, ada 9 track yang semuanya berisi lagu dengan lirik cerdas dan berkelas. Musikalitas, nggak perlu lah saya jabarkan panjang lebar di sini. Selain karena sudah banyak yang nge-review album ini sejak rilisnya di bulan Oktober lalu, saya juga nggak punya kapasitas buat komen soal itu. Hehehe...

Yang pengen saya sampaikan di sini cuma satu sih. Jujur saya rada kecewa saat mendapati album yang saya beli dalam bentuk CD ini ternyata hanya 'begini doang'. Mungkin ekspektasi saya memang terlalu berlebihan dengan membayangkan bakal ada packaging yang unik dan juga berkelas, sepadan lirik dan musik mereka.

Harga CD ini memang sangat bersahabat, tapi apa bedanya dengan mendengarkan lagu mereka lewat MP3 kalau kemasannya 'begini doang' coba? Denger lewat MP3 pas online di PC kantor, buka website resmi mereka, klik lirik, terdengar lebih memuaskan ketimbang puter CD dan cuma ngeliatin gambar pemandangan dan baca 'thanks to'.

No hard feeling ya kalian para fans militan Barasuara. Saya sih cuma pengen nuangin uneg-uneg aja di sini. Saya sendiri suka banget kok sama materi kualitas tinggi yang disuguhkan dalam musik mereka. Lirik-lirik yang bukan sekedar puitis, tapi juga punya makna dalem banget soal hidup, nggak mungkin nggak jadi nilai plus.

Well, mungkin ini bisa jadi masukan juga buat band-band yang lagi mau rilis album. Please impress us! Kasih packaging yang sepadan dengan kualitas musik kalian, sertakan banyak hal di dalamnya, termasuk lirik. Jangan karena punya banyak fans militan, lantas kalian ngasih timbal balik yang terlalu sederhana untuk mereka.

Dewi Ratna

No comments:

Post a Comment