Merry Labour Day


Rise and shine… Don’t go to work today
Teachers and strippers alike… Realize we’re one and the same
Cause it’s Mayday… 1st of May
Gonna March the Streets today
Yes it’s Mayday… 1st of May
Merry merry labour day
Hear us go oi oi oi oi oi oi oi oi labours of the world unite
Mayday - Tika
Malam menjelang mayday, setahun yang lalu, saya masih ikut dalam kesibukan persiapan maching band ala InstitutA. Kami mencetak poster-poster secara gotong royong. Ada yang bagian numpahin pasta ke screen, ada yang narik rakel, ada yang ngambil gambar yang udah tercetak, dan ada yang naruh kertas kosong lagi di bawah screen, begitu seterusnya. Begitu juga dengan bendera. Kami membuat beberapa bendera dengan bahan kain bekas spanduk. Beramai-ramai kami mengecatnya sehingga menjadi berwarna hitam, lalu mereka yang bisa gambar, membuat gambar di atasnya. Sungguh momen yang nggak bisa saya lupakan, bisa berkumpul bersama kawan-kawan yang menyenangkan seperti mereka.

Tahun ini, meskipun mayday jatuh pada hari Minggu, tapi saya masih harus bekerja. Mayday, atau yang lebih dikenal dengan Hari Buruh, yaitu hari libur (di beberapa negara) tahunan yang berawal dari usaha gerakan serikat buruh untuk merayakan keberhasilan ekonomi dan sosial para buruh. Libur? Saya bahkan nggak kenal apa itu LIBUR. Pekerjaan saya adalah pekerjaan yang nggak ada berhentinya setiap hari. Surat kabar harian nggak mungkin nggak terbit setiap hari Minggu atau tanggal merah lainnya. Jujur, saya capek sama pekerjaan yang menghabiskan waktu sore dan malam saya sehari-hari ini. Saya tidur menjelang pagi, bangun di siang hari, dan begitu seterusnya.

Saya memang capek, tapi saya bukan terpaksa harus bekerja seperti ini. Semua ini semata-mata pilihan saya. Seperti yang pernah kami, The HaramJadah, obrolin beberapa bulan lalu, saat saya sedang beruntung mendapat libur sehari. Ini pilihan, kembali pada masing-masing orangnya. Bagaimanapun, nggak bekerja juga nggak bakal membuat kalian mati, saya yakin itu. Kenapa saya memilih untuk bekerja di sini sekarang? Sesuai kemampuan saya, dan hobi bergelut dengan grafis desain.

Whatfuckingever, nikmatilah pekerjaan kalian seperti kalian menikmati hidup. Kalau pekerjaan kalian itu menyiksa, maka tinggalkanlah. ;)

Merry merry labour day...

Dewi Ratna

1 comment:

  1. selamat menempuh tantangan ngeblog!!
    semoga selamat sampai tujuan di hari ke 31 :D

    blogger ngalam

    ReplyDelete